Teknologi dalam Pendidikan Anak PAUD

Teknologi dalam Pendidikan Anak PAUD bisa di sebut juga “digital natives.” Mereka telah dibesarkan dalam dan dengan teknologi sejauh mereka terbiasa dengannya sejak PAUD. Tanganlah seorang anak kecil ponsel cerdas dan tak lama kemudian dia menavigasi ke aplikasi favorit atau video call dengan kontak terakhir Anda. Juga tidak jarang anak-anak mengajari orang dewasa dalam hidup mereka cara menggunakan keajaiban teknologi terbaru.

Anak PAUD

Ketika berbicara tentang teknologi di kelas, bagaimanapun, perhatian umum orang tua adalah, “Anak saya menerima terlalu banyak paparan media di rumah. Mengapa saya menginginkannya di sekolah? ” Meskipun itu mungkin terjadi, ketika teknologi digunakan dengan cara yang spesifik dan terfokus, itu dapat mendukung dan mencapai tujuan pendidikan Anak PAUD dan pembelajaran prasekolah.

 Menerapkan teknologi bersama-sama dengan aktivitas tradisional seperti bermain di luar ruangan dan pembelajaran taktil (seperti balok kayu dan tempat sensorik) memungkinkan lebih banyak kesempatan bagi siswa dari berbagai usia dan kemampuan untuk terlibat, berkomunikasi, dan menjelajah.

Setelah mengajar di ruang kelas anak PAUD selama lima tahun mulai dari Taman Kanak-kanak 3 hingga kelas dua, saya telah menemukan beberapa manfaat utama untuk menerapkan teknologi di ruang kelas pendidikan PAUD. Penanganan teknologi yang disengaja bermanfaat bagi siswa saat ini dengan membangun komunitas.

Akses seorang siswa ke teknologi pendidikan tidak boleh membahayakan atau mengganggu perkembangan sosial mereka. Sebaliknya, teknologi di ruang kelas anak PAUD harus mendukung lingkungan belajar kolaboratif dan, oleh karena itu, memperkaya interaksi siswa dengan teman sebayanya.

Apa Saja Manfaat Teknologi dalam Pendidikan Anak PAUD?

Selain itu, guru di ruang kelas ini perlu memahami kapan saat yang tepat untuk memasukkan teknologi ke dalam rutinitas pelajar awal untuk menghindari hasil negatif dari paparan media yang tinggi. Sebagai pendidik, kita harus menggunakan penilaian profesional kita dan menggabungkan teknologi untuk meningkatkan interaksinya.

Untuk mendukung keterampilan matematika dan literasi siswa, pendidik harus memilih solusi perangkat lunak interaktif yang memungkinkan mereka membuat pelajaran yang menarik dan dapat disesuaikan serta memupuk perkembangan pembelajaran siswa PAUD. Perangkat lunak ini harus bekerja dengan layar sentuh dan perangkat pribadi siswa.

Guru tidak perlu khawatir tentang ubin surat yang hilang atau potongan kertas atau salah menempatkan manipulatif yang mengajarkan matematika dan keterampilan berhitung. Harus ada berbagai alat bawaan dan siap pakai, serta kemampuan untuk menyesuaikan konten pendidikan.

Dunia tempat seorang anak tumbuh dewasa ini sangat berbeda dengan dunia yang kita alami sebagai anak-anak. Oleh karena itu, penting - bahkan penting - bagi pelajar awal kita untuk memiliki akses ke teknologi interaktif. Dalam dunia yang semakin digital, jika siswa tidak memiliki akses ke jenis teknologi ini, mereka tidak hanya akan kehilangan manfaat dari teknologi ini.

Akan tetapi mereka akan belajar dengan cara yang tidak kondusif bagi lingkungan masa depan mereka. Kita perlu mengenali dan memenuhi kebutuhan para digital natives saat ini serta masa depan agar mereka siap untuk sukses. Dalam masyarakat di mana teknologi digunakan sebagai alat di rumah, di tempat kerja, dan di sekolah, memberikan kesempatan kepada Pendidikan Anak PAUD untuk mengeksplorasi teknologi dengan cara yang bijaksana dan mempromosikannya.

Post a Comment for "Teknologi dalam Pendidikan Anak PAUD"