Sangatlah Penting untuk Pendidikan Anak PAUD

Sangatlah Penting untuk Pendidikan Anak PAUD dan banyak orang yang meragukan pentingnya pendidikan pra-taman kanak-kanak. Ini jelas terlihat pada tahun itu gagal mengesahkan undang-undang yang mewajibkan pendidikan pra-sekolah bagi semua anak. Banyak orang  tidak setuju dengan pentingnya menggunakan dana pembayar pajak untuk mendanai program wajib prasekolah.

Anak PAUD 

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang terdaftar dalam program mendapat manfaat dengan menerima pendidikan formal sebelum taman kanak-kanak. Menurut beberapa penelitian, anak-anak yang terdaftar dalam program pendidikan Anak PAUD berperilaku lebih baik dan memiliki nilai  yang lebih tinggi saat mendaftar di taman kanak-kanak dibandingkan teman-teman mereka yang tidak memiliki pendidikan formal.

Kritik terhadap pendidikan pra-taman kanak-kanak menyatakan bahwa perbedaan antara anak-anak yang terdaftar di program prasekolah dan anak-anak yang tidak menerima pendidikan formal hanya terlihat selama taman kanak-kanak, kelas satu, dan dua. Selama tahun-tahun berikutnya, anak-anak yang belum mengenyam pendidikan formal sebelum ujian taman kanak-kanak berada pada level yang sama dan berperilaku seperti teman sebayanya.

Oleh karena itu, anak-anak  mungkin mendapat keuntungan selama beberapa tahun, tetapi setelah itu, teman sekelas mereka tampil di level yang sama. Masalah utama lainnya dengan program ini adalah anak-anak yang memenuhi syarat untuk program ini biasanya berasal dari keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan, sehingga program ini tidak tersedia untuk anak-anak dari semua latar belakang.

Apakah Penting Pendidikan Anak PAUD Itu?

Namun, anak-anak dapat menerima pendidikan formal dengan cara lain selain program Head Start, termasuk penitipan anak dan orang tua yang mengajar anak-anak mereka yang masih kecil. Meskipun anak-anak dalam program penitipan anak dapat berkembang secara intelektual, anak-anak mendapat manfaat paling besar ketika orang tua tinggal di rumah bersama anak-anak mereka dan mendidik mereka.

Sebagian besar pakar pendidikan masa kanak-kanak mengklaim bahwa anak-anak belajar paling baik ketika mereka tidak didorong terlalu keras, mereka memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebayanya, dan orang tua serta instruktur memperlakukan mereka dengan baik. Karena dengan dorongan yang keras justru membuat anak semakin enggan untuk belajar.

Demikian pula, anak-anak belajar paling baik ketika pengajaran dan kegiatan pendidikan hanya sebagian kecil dari hari-hari mereka. Hal ini terutama berlaku untuk anak-anak yang terdaftar dalam program prasekolah karena tidak baik bagi anak-anak kecil untuk dipisahkan dari orang tuanya untuk waktu yang lama. Anak-anak biasanya tidak mendapatkan keuntungan dalam program dengan guru yang tidak berpengalaman dan ukuran kelas yang besar.

Anak-anak yang diajar pada PAUD biasanya mendapat manfaat dengan cara-cara berikut: peningkatan keterampilan sosial, kurang atau tidak perlu instruksi pendidikan khusus selama tahun-tahun sekolah berikutnya, nilai yang lebih baik, dan rentang perhatian yang ditingkatkan. Demikian pula, beberapa peneliti telah menyimpulkan bahwa anak-anak kecil yang terdaftar dalam program prasekolah biasanya lulus dari sekolah menengah, menghadiri perguruan tinggi, memiliki lebih sedikit masalah perilakunya.

Penelitian yang merinci manfaat pendidikan Anak PAUD diselesaikan selama tahun itu. Selain memberi manfaat bagi anak-anak yang mengalami perkembangan normal, juga ditunjukkan bahwa anak-anak dengan gangguan belajar atau penyandang disabilitas fisik lainnya mendapatkan manfaat yang sangat besar dari pendidikan pra-taman kanak-kanak. Selain itu, anak-anak dengan orang tua yang sangat keras dalam memberikan arah untuk belajar.

 

Post a Comment for "Sangatlah Penting untuk Pendidikan Anak PAUD"