Rekomendasi untuk Pendidik Anak PAUD

Rekomendasi untuk Pendidik Anak PAUD ini sangat menjunjung tinggi nilai unik dan martabat setiap anak dan keluarga. Pastikan semua anak melihat diri mereka sendiri dan pengalaman sehari-hari mereka, serta kehidupan sehari-hari orang lain di dalam dan di luar komunitas mereka, yang tercermin secara positif dalam desain dan implementasi pedagogi, kurikulum, lingkungan belajar, interaksi, dan materi.

Anak PAUD

Kenali kekuatan unik setiap anak pendidik Anak PAUD dan dukung inklusi penuh semua anak mengingat perbedaan dalam budaya, struktur keluarga, bahasa, identitas ras, jenis kelamin, kemampuan dan kecacatan, keyakinan agama, atau kelas ekonomi. Bantulah anak-anak untuk mengenal, mengenali, dan mendukung satu sama lain sebagai anggota komunitas

Kembangkan hubungan saling percaya dengan anak-anak dan peliharalah hubungan di antara mereka sembari membangun pengetahuan dan keterampilan mereka. Rangkullah pengalaman budaya anak-anak dan bahasa serta adat istiadat yang membentuk pembelajaran mereka. Perlakukan setiap anak dengan hormat. Singkirkan bahasa atau perilaku yang stereotip, merendahkan, eksklusif, atau menghakimi.

Pertimbangkan kesesuaian perkembangan, budaya, dan bahasa dari lingkungan belajar dan praktik pengajaran Anda untuk setiap anak. Tawarkan aktivitas yang bermakna, relevan, dan menantang secara tepat di semua minat dan kemampuan. Anak-anak dari semua jenis kelamin, dengan dan tanpa disabilitas, harus melihat diri mereka sendiri dan keluarga, bahasa, dan budaya mereka secara teratur dan bermakna tercermin dalam lingkungan dan materi.

Bagaimana Cara Merekomendasikan untuk Pendidik Anak PAUD?

Libatkan anak, keluarga, dan masyarakat dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Melakukan hal ini didasarkan pada dana pengetahuan yang dibawa oleh anak-anak dan keluarga sebagai anggota budaya dan komunitas mereka sekaligus memicu minat dan keterlibatan anak. Mengakui komunitas sebagai konteks pembelajaran dapat menjadi model keterlibatan warga. Karena warga langsung terlibat pada situasi dan kondisi tersebut.

Secara aktif promosikan hak pilihan anak-anak. Sediakan setiap anak kesempatan untuk bermain yang kaya dan menarik serta kesempatan untuk membuat pilihan dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan. Gunakan kegiatan terbuka yang mendorong anak-anak untuk bekerja sama dan memecahkan masalah untuk mendukung pembelajaran di semua bidang pengembangan dan kurikulum.

Perancah pembelajaran anak-anak untuk mencapai tujuan yang berarti. Tetapkan tujuan yang menantang tetapi dapat dicapai untuk setiap anak. Kembangkan kekuatan dan minat anak-anak untuk menegaskan identitas mereka dan bantu mereka memperoleh keterampilan, pemahaman, dan kosa kata baru.

Pertimbangkan bagaimana bias Anda sendiri (implisit dan eksplisit) dapat berkontribusi pada interaksi Anda dan pesan yang Anda kirimkan kepada anak-anak. Juga renungkan apakah bias dapat berkontribusi pada pemahaman Anda tentang suatu situasi. Bagaimana hal itu dapat memengaruhi penilaian Anda terhadap perilaku anak, terutama perilaku yang menurut Anda negatif atau menantang.

Pesan apa yang diambil anak-anak dari isyarat verbal dan nonverbal Anda tentang diri mereka sendiri dan anak-anak lain? Sadarilah bahwa semua hubungan timbal balik, dan dengan demikian perilaku Anda berdampak pada anak-anak keluarga sehingga Anda dapat menyediakan lingkungan belajar yang paling mendukung secara budaya dan bahasa untuk setiap anak.

Komunikasikan nilai multibahasa kepada semua keluarga. Semua anak mendapat manfaat dari keuntungan sosial dan kognitif dari multilingualisme dan multiliterasi. Pastikan keluarga dwibahasa yang muncul memahami manfaat akademis dan pentingnya mendukung bahasa rumah anak mereka karena bahasa mereka diperkenalkan melalui program Pendidikan Anak PAUD.

Post a Comment for "Rekomendasi untuk Pendidik Anak PAUD"