Pentingnya Bermain pada Pendidikan Anak PAUD

Pentingnya Bermain pada Pendidikan  Anak PAUD itu sangat banyak manfaatnya. Dalam artikel ini, kita akan melihat sembilan manfaat luar biasa bermain dalam perkembangan anak. Kami juga akan meninjau hasil penelitian yang menyoroti pentingnya bermain.Pentingnya Bermain dalam Perkembangan Anak banyak orang tua secara intuitif tahu mengapa bermain itu penting bagi anak-anak.

Anak PAUD 

Bermain dapat meningkatkan perkembangan otak pendidikan Anak PAUD dalam banyak hal, termasuk memberikan pengalaman hidup yang penting untuk mengatur dasar pertumbuhan otak1. Otak bayi dilengkapi dengan koneksi sel otak (sinapsis) yang melimpah. Produksi berlebih sinaps memungkinkan informasi yang ditangkap dari tahun-tahun awal membangun fondasi bagi otak.

Lingkungan yang diperkaya dengan permainan, permainan sensorik , dan materi permainan memberikan pengalaman hidup yang sempurna untuk membangun fondasi itu. Jika pengalaman itu tidak ada, sinapsis terkait akan hilang.Ahli saraf menemukan bahwa pengayaan seperti mainan, permainan, dan permainan dapat mengubah kimiawi dan fisiologi otak. Area otak yang terkait dengan pemrosesan kognitif yang lebih tinggi.

Mungkin manfaat paling nyata dari bermain adalah meningkatkan kreativitas anak.Kreativitas terkait erat dengan pemikiran divergen, yang mengeksplorasi banyak kemungkinan solusi dan biasanya menghasilkan ide-ide kreatif. Banyak penelitian menemukan bahwa bermain sangat terkait dengan pemikiran divergen.Untuk menguji hubungan ini dalam sebuah penelitian, para peneliti secara acak menugaskan anak, berusia enam hingga tujuh tahun, ke dua aktivitas.

Pada kegiatan pertama, anak-anak menyalin teks dari papan tulis. Di kelas kedua, anak-anak bermain dengan adonan garam6. Nanti, semua anak diminta untuk melakukan proyek kreatif. Panel yang terdiri dari sepuluh juri menemukan bahwa proyek yang dibuat oleh anak-anak dalam kelompok adonan garam memiliki kualitas kreatif yang lebih tinggi daripada proyek yang ada di kelompok lain.

Penelitian lain juga mengaitkan permainan bebas, terutama permainan pura-pura, dengan peningkatan signifikan dalam pemikiran yang berbeda7,8.Permainan gratis adalah permainan tidak terstruktur yang mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi dan merancang permainan mereka sendiri9. Permainan pura-pura mengharuskan seorang anak membayangkan skenario dan kemudian memerankannya.

Apakah Pentingnya Bermain pada Pendidikan  Anak PAUD ?

Hubungan antara bermain awal dan keterampilan komunikasi kemudian terbukti dalam penelitian juga.Satu studi berusaha memahami apakah komunikasi dapat memperoleh manfaat dari bermain. Peneliti mengamati apa yang terjadi ketika seorang bayi mulai bermain dengan mainan. Mereka menemukan bahwa jika sang ibu merespons dengan memanipulasi dan menamai mainan tersebut, bayi ketika diuji tiga bulan kemudian akan memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik.

Studi lain yang dilakukan, mengamati enam puluh lima anak taman kanak-kanak di ruang kelas mereka selama empat minggu. Kehadiran permainan, terutama permainan pura-pura, ditemukan untuk memprediksi kinerja dalam pra-membaca, bahasa, dan menulis. Permainan pura-pura sangat bermanfaat karena memungkinkan anak-anak kecil untuk melatih kosa kata mereka ketika mereka berbicara dan mencoba untuk memahami orang lain.

Pengaturan diri adalah salah satu keterampilan paling penting untuk kesiapan sekolah. Anak-anak yang diatur dengan baik dapat menunggu giliran, menahan godaan untuk mengambil benda dari anak lain, mengendalikan emosi negatif, dan bertahan melalui aktivitas yang menantang.Dalam sebuah penelitian di Selandia Baru, psikolog meneliti bagaimana anak-anak menangani peristiwa negatif selama permainan pura-pura.

Pengaturan emosi tidak hanya penting untuk kesuksesan akademis, tetapi juga dapat memprediksi kesuksesan sosial anak. Di prasekolah, anak-anak yang menunjukkan kontrol emosional yang lebih baik lebih disukai dan kompeten secara sosial. Dua gadis mengobrol sambil tersenyum sambil memegang balon helium merah muda dan kuning - mengapa bermain penting di masa Pendidikan Anak PAUD.

 

Post a Comment for "Pentingnya Bermain pada Pendidikan Anak PAUD"