Pendidikan Inklusif Pada Pendidikan Anak PAUD

Pendidikan Inklusif Pada Pendidikan Anak PAUD ini juga pentinh. Tetapi setiap anak berhak untuk didukung oleh orang tua dan masyarakatnya untuk tumbuh, belajar, dan berkembang di tahun-tahun awal, dan, setelah mencapai usia sekolah, untuk bersekolah dan disambut serta diikutsertakan oleh guru dan teman sebaya. Ketika semua anak, terlepas dari perbedaan mereka, dididik bersama, semua orang mendapat manfaat ini adalah landasan pendidikan inklusif.

Anak PAUD 

Pendidikan inklusif pada pendidikan Anak PAUD menghargai keragaman dan kontribusi unik yang dibawa setiap siswa ke kelas. Dalam lingkungan yang benar-benar inklusif, setiap anak merasa aman dan memiliki rasa memiliki. Siswa dan orang tua mereka berperan serta dalam menetapkan tujuan pembelajaran dan mengambil bagian dalam keputusan yang memengaruhi mereka. Dan staf sekolah memiliki pelatihan, dukungan, fleksibilitas, dan sumber daya.

Sistem inklusif memberikan kualitas pendidikan yang lebih baik untuk semua anak dan berperan penting dalam mengubah sikap diskriminatif. Sekolah menyediakan konteks untuk hubungan pertama seorang anak dengan dunia di luar keluarganya, memungkinkan perkembangan hubungan dan interaksi sosial. Rasa hormat dan pengertian tumbuh ketika siswa dari berbagai kemampuan dan latar belakang bermain, bersosialisasi, dan belajar bersama.

Pendidikan yang mengecualikan dan memisahkan melanggengkan diskriminasi terhadap kelompok yang secara tradisional terpinggirkan. Ketika pendidikan lebih inklusif, begitu pula konsep partisipasi sipil, pekerjaan, dan kehidupan komunitas.Bukankah lebih baik memisahkan anak-anak yang membutuhkan perhatian khusus?

Terpisah, pendidikan khusus tidak memberikan jaminan keberhasilan bagi anak-anak yang membutuhkan perhatian khusus; sekolah inklusif yang menyediakan kondisi yang mendukung dan sesuai konteks untuk pembelajaran menunjukkan  hasil yang jauh lebih baik. Kegiatan ekstrakurikuler, dukungan teman sebaya, atau intervensi yang lebih khusus melibatkan seluruh komunitas sekolah yang bekerja sebagai satu tim.

Penggunaan asisten pengajar atau spesialis:  Staf ini memiliki potensi untuk menjadi inklusif atau memecah belah. Misalnya, seorang spesialis yang membantu guru memenuhi kebutuhan semua siswa bekerja secara inklusif. Seorang spesialis yang menarik siswa keluar dari kelas untuk bekerja dengan mereka secara individu secara teratur tidak demikian.

Apakah Penting Pendidikan Inklusif Pada Pendidikan Anak PAUD Itu?

Kurikulum inklusif: Kurikulum  inklusif mencakup tema dan kontribusi yang relevan secara lokal oleh kelompok yang terpinggirkan dan minoritas. Ini menghindari narasi biner tentang baik dan buruk, dan memungkinkan untuk mengadaptasi kurikulum dengan gaya belajar anak-anak dengan kebutuhan pendidikan khusus.

Keterlibatan orang tua:  Sebagian besar sekolah mengupayakan beberapa tingkat keterlibatan orang tua, tetapi sering kali terbatas pada email ke rumah dan sesekali konferensi orang tua-guru. Dalam sistem sekolah yang beragam, inklusi berarti memikirkan berbagai cara untuk menjangkau orang tua dengan cara mereka sendiri.

Membuat pendidikan inklusif bukanlah tindakan pemotongan biaya. Pemerintah harus siap menginvestasikan sumber daya yang substansial sejak awal untuk reformasi sistem seperti pelatihan guru dan staf; meningkatkan infrastruktur, materi pembelajaran, dan peralatan; dan merevisi kurikulum untuk mengimplementasikan pendidikan inklusif dengan sukses. Namun, dengan menghilangkan redundansi dan tingginya biaya menjalankan sistem paralel.

Kami mendorong perubahan kebijakan dan praktik dengan berbagai cara, termasuk berikut ini:mengadvokasi pengakuan hak-hak hukum anak, seperti organisasi pendukung orang tua yang memiliki anak dengan kebutuhan pendidikan khusus dan disabilitas. mendanai penelitian empiris, termasuk dukungan untuk organisasi penyandang disabilitas muda di Uganda yang mendokumentasikan hambatan pendidikan

mendukung layanan berkelanjutan seperti jaringan dan kesempatan belajar untuk sekolah dan  seperti asosiasi guru dan kelompok orang tuamemperkuat kelompok masyarakat sipil yang memberikan suara kepada kaum muda, orang tua, dan pendidik, termasuk organisasi yang dipimpin oleh orang tua yang mengadvokasi  hak dan inklusi anak penyandang disabilitas  di Tajikistan

terlibat dengan masyarakat sipil dan aktor lain dalam pengembangan kebijakan dengan, misalnya, memberikan dukungan teknis untuk pengembangan undang-undang, kebijakan, dan strategi yang terkait dengan pendidikan inklusif di tingkat nasional.mendukung pemerintah dan layanan sistem untuk model percontohan penyelenggaraan pendidikan Anak PAUD inklusif yang berhasil yang dapat ditingkatkan dan direplikasi.

Post a Comment for "Pendidikan Inklusif Pada Pendidikan Anak PAUD"