RPPH Tema Tanaman K13 untuk PAUD Terbaru, Simak!

administrasitkpaud.com - Bapak/Ibu pendidik anak usia dini tentu mempunyai dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang biasa disebut RPP. Prakteknya kini RPP dibuat dalam bentuk harian agar memudahkan guru melakukan proses pembelajaran. Misalnya esok hari akan mengajar tema tanaman, maka harus membuat RPPH tema tanaman yang sesuai K13.

Jadi, RPPH ini bukan sebuah formalitas untuk memenuhi keperluan administratif saja, namun juga benar-benar menjadi acuan bagi Bapak/Ibu saat melakukan belajar mengajar. Manfaatnya pun sangat banyak baik secara langsung maupun tidak. Bagi Bapak/Ibu yang mungkin belum terlalu familiar dengan isinya, bisa menyimak penjelasan di bawah.

rpph tema tanaman k13

Isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk PAUD Usia 4-5 Tahun

Secara umum tema tanaman ini bisa dibagi menjadi beberapa subtema seperti:

  • Tanaman hias
  • Aneka sayuran
  • Aneka buah-buahan
  • Mari menanam

Keempat subtema tersebut sebaiknya disampaikan secara bertahap setiap hari. Contohnya hari pertama mempelajari subtema tanaman hias, dan seterusnya. Adapun struktur isi RPPH tema tanaman secara umum meliputi:

  1. Satuan pendidikan (PAUD)
  2. Kelompok (usia 4-5 tahun)
  3. Tema (tanaman)
  4. Subtema misalnya “Tanaman Hias”
  5. Lingkup perkembangan, tingkat pencapaian, dan indikator ketercapaian. Lingkup perkembangan meliputi aspek spiritual dan moral, pengetahuan, bahasa, fisik, dan sosial-emosional. 
  6. Sedangkan tingkat pencapaiannya tinggal menyesuaikan dengan lingkup perkembangan. Bapak/Ibu guru bisa mengembangkannya sendiri berdasarkan patokan yang sudah ada. Begitu pula dengan indikatornya bisa menyesuaikan.
  7. Kegiatan pembelajaran ada tiga tahap yaitu pembukaan biasanya dengan menyanyi sesuai tema hari ini. Kegiatan inti yaitu menyampaikan materi sesuai subtemanya. Kemudian penutupan dengan menyanyi dan bermain bersama-sama teman.
  8. Kegiatan penutup atau biasa disebut dengan pembentukan karakter melalui nilai-nilai spiritual dan moral. Misalnya anak mau berdoa setelah belajar dan mengambil mainan sendiri.

Mengapa Guru Harus Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD?

RPPH tema tanaman sangat penting untuk keberlangsungan kegiatan pembelajaran anak usia dini. Bapak/Ibu guru hendaklah mengembangkan tema yang sudah ada lalu menyesuaikan dengan karakter serta kemampuan anak. Melihat dari isinya, RPPH termasuk bentuk administrasi pembelajaran yang sangat mendasar dan lengkap.

Di dalamnya meliputi banyak aspek mengenai perkembangan dan pertumbuhan anak hingga penilaiannya. sebab itu, apabila guru sudah membuat dan memilikinya akan lebih mudah melakukan pengajaran di kelas maupun di luar kelas.

Selain itu, guru yang sudah membuat RPPH ini artinya sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan metode dan model yang cocok dengan kondisi lingkungan dan karakter anak. Bukan hanya itu, profesionalisme Bapak/Ibu guru pengajar PAUD tidak perlu diragukan lagi, mengingat pembuatan RPPH untuk PAUD cukup menguras pikiran.

Cara Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD Tema Tanaman

Membuat RPPH untuk PAUD sebenarnya pekerjaan yang susah-susah gampang. Mengapa demikian? Setidaknya Bapak/Ibu guru harus mengenal karakter masing-masing anak untuk menentukan model pengembangan anak selama bermain dan belajar. Kemudian juga harus memahami semua jenis metode pembelajaran yang tepat untuk diaplikasikan pada anak PAUD.

Mudahnya tema sudah siap dari aturan K13, sehingga Bapak/Ibu guru tinggal menguraikan menjadi beberapa subtema. Kemudian mengembangkannya menjadi beberapa materi atau jenis kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan lingkungan sekolah.

Tentu saja RPPH dengan tema tanaman ini harus dituangkan dalam bentuk tulisan format tertentu. Bapak/Ibu hendaklah menyusun dengan sistematis dan sederhana, terlebih untuk pembelajaran pada masa pandemi saat ini.

Demikianlah penjelasan mengenai RPPH tema tanaman untuk PAUD. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan supaya tetap mengajar dan mendidik dengan maksimal.


Post a Comment for " RPPH Tema Tanaman K13 untuk PAUD Terbaru, Simak!"