RPPH Tema Diri Sendiri PAUD Berdasarkan Kurikulum 2013

administrasitkpaud.com - Bapak/Ibu guru sudah tentu mengenal yang namanya RPP untuk PAUD, TK, maupun jenjang lainnya. membuat rencana pelaksanaan pembelajaran ini harus sesuai dengan tema tertentu dalam bentuk harian. Misalnya untuk pertemuan pertama RPPH tema diri sendiri merupakan materi yang disampaikan lengkap dengan subtema hingga evaluasinya.

Pentingnya RPPH untuk pembelajaran anak PAUD menjadikan setiap guru menyiapkan sejak awal hendak memulai pelajaran baru. Hal itu bertujuan supaya mereka tidak lebih siap menyongsong pembelajaran anak. 

rpph tema diri sendiri
Cara Membuat RPPH PAUD Usia 4-5 Tahun

Membuat RPPH untuk PAUD tentu berbeda dengan jenjang lainnya seperti SD ataupun SMP. Berdasarkan standar kurikulum K13 RPPH PAUD harus mencakup beberapa komponen seperti lingkup perkembangan, kegiatan pembelajaran, dan kegiatan pembentukan karakter. Semuanya harus disusun sedemikian sistematis dan rapi agar mudah dimengerti. Sebelum membuat RPPH tema diri sendiri, Bapak/Ibu guru harus melalui beberapa tahapan khusus. Adapun urutannya yaitu:


  • Harus memiliki kalender akademik sebagai acuan membuat perangkat lain.
  • Menyusun program tahunan atau Prota
  • Menyusun program semester atau Promes
  • Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan atau RPPM
  • Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian atau RPPH

Jadi, RPPH ini berada pada urutan paling belakang saat membuat perangkat pembelajaran. Karena itulah, RPPH untuk PAUD harus sinkron dengan Promes, Prota, maupun yang lainnya.

Sementara itu, RPPH tema diri sendiri dibagi menjadi beberapa subtema yang meliputi subtema identitas, wajahku, anggota tubuh, dan kesukaanku. Tujuannya agar anak mengenal dirinya sendiri mulai dari fisik sampai non-fisik secara bertahap. Jika guru menyampaikan satu tema dengan beberapa subtema sekaligus, anak akan terbebani sehingga dibuat per hari.

Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAUD K13

Adapun format RPPH PAUD berbeda dengan RPPM-nya, dimana ini lebih detail dan banyak aspek. Berikut adalah komponennya:

  • Identitas RPPH yang meliputi nama satuan PAUD, semester, bulan, ataupun minggu keberapa, hari/tanggal pembuatan RPPH, tema dan subtema, serta kelompok usia. Semua berada di bagian paling atas setelah kop RPP.
  • Materi. Materi pembelajaran PAUD harus diambil dari RPPM agar keduanya sinkron serta tujuan belajar mengajar tetap tercapai maksimal.
  • Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pembelajaran selama satu pertemuan itu sesuai dengan tema dan subtema. Misalnya pertemuan pertama tema diri sendiri subtema kesukaanku, maka alat peraga yang digunakan adalah gambar hobi maupun mainan yang sesuai dengan kesukaan anak-anak.
  • Alat dan bahan hendaknya disesuaikan dengan model pembelajaran kemudian ditata sedemikian unik agar menarik perhatian anak. Dengan begitu, mereka selalu belajar dengan enjoy dan nyaman.
  • Kegiatan pembelajaran meliputi pembukaan, kegiatan inti, dan penutup.
  • Rencana penilaian yaitu indikator keberhasilan guru dan anak selama pembelajaran. Indikator hendaklah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hanya saja format atau bentuknya bersifat fleksibel.

Manfaat Menyusun RPPH PAUD Tema Diri Sendiri

Bagi seorang guru RPPH menjadi acuan dan dasar melaksanakan pengajaran yang sesuai dengan kondisi anak. Setidaknya guru PAUD pun menyiapkan segala kebutuhan dalam proses pembelajaran setiap harinya. Penilaian pun bisa langsung dilakukan setelah pembelajaran selesai karena sudah ada jurnal evaluasinya.

Sementara itu, adanya RPPH yang terstruktur dari guru dapat membentuk karakter anak yang beragam. Secara bertahap anak akan mengerti dan mengetahui hal-hal penting yang ada di sekitar mereka maupun diri sendiri. Begitupun orang tua dapat membantu menyiapkan alat permainan edukatif yang sesuai dengan tema dalam RPPH.

Itulah beberapa penjelasan seputar RPPH tema diri sendiri. Semoga bisa menambah informasi dan bermanfaat untuk kegiatan belajar mengajar anak usia dini.

Post a Comment for " RPPH Tema Diri Sendiri PAUD Berdasarkan Kurikulum 2013"