RPPH PAUD Semester 1 Yang Wajib Dipahami Pendidik

administrasitkpaud.com - RPPH PAUD semester 1 merupakan salah satu perangkat pembelajaran dari manajemen administrasi sekolah yang harus disusun, dipersiapkan, dan dimiliki. Tentuya sebelum kegiatan bermain dan belajar dilaksanakan. RPPH ini juga menjadi sebuah landasan terstruktur dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

RPPH PAUD harus menggunakan pendekatan saintifik yang memiliki unsur 5 M dan mengacu pada kompetensi dasar (KD) dan STPPA yang telah ditentukan. Ini dimaksudkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal juga menyenangkan bagi anak.. Berikut ulasan lengkap RPPH PAUD semester 1.

rpph paud semester 1


RPPH PAUD Semester 1 Yang Wajib Diketahui 

Seperti yang kita ketahui bersama RPPH memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan untuk anak didik. Adapun RPPH PAUD semester 1 untuk kelompok usia 5-6 tahun terdiri dari 5 tema pembelajaran. Yaitu tema kebutuhanku, lingkunganku, tema dunia binatang, dan tema dunia tanaman.

Masing-masing tema tersebut kemudian dikembangkan dan memiliki sub tema yang lebih spesifik. Misalnya tema dunia tanaman bisa dibagi menjadi sub tema, tanaman buah, sayur, tanaman hias, dan aneka pohon. RPPH PAUD tema dunia tanaman dengan sub tema buah kemudian akan dibagi lagi perharinya. Misalnya hari pertama membahas jenis-jenis buah, hari kedua membahas apel, dan selanjutnya.

Pada dasarnya format RPPH PAUD semester 1 bersifat fleksibel dan tidak baku. Meski demikian setidaknya ada 7 elemen penting dalam penyusunan RPPH yang tidak boleh ditinggalkan. Diantaranya adalah data identitas program, materi pembelajaran, alat dan bahan, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, kegiatan penutup juga rencana penilaian.

Salah satu hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPPH PAUD semester 1 adalah RPPH  yang dibuat harus sesuai dengan model kegiatan bermain/ model pembelajaran yang bapak ibu guru gunakan. Model pembelajaran yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran mulai dari penyusunan RPPH, display kelas, sampai pada setting ruang bermain / kelas.
 
Beberapa model pembelajaran PAUD yang banyak digunakan antara lain pembelajaran model kelompok, pembelajaran model sentra, dan pembelajaran model area. RPPH yang disusun biasanya juga memuat kegiatan pembiasaan yang merupakan bagian dari standar operasional prosedur masing masing lembaga PAUD.

Misalnya pembiasaan sikap bersyukur dengan membaca doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Pembiasaan sikap disiplin dengan kegiatan berbaris sebelum masuk ruangan bermain/belajar. Aktivitas pembiasaan ini berada di kegiatan pembukaan. Bapak ibu guru juga dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengenalkan kegiatan bermain yang akan dilaksanakan, aturan bermain, dan lain sebagainya.

Adapun kegiatan inti pada RPPH PAUD semester 1 dapat diisi dengan kegiatan pengamatan yang sesuai dengan tema yang dibahas. Anak didik diminta untuk bertanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan kembali apa yang telah diketahui anak didik. Kegiatan inti akan memberi kesempatan anak untuk bereksplorasi membangun pengalaman bermain yang bermakna.

Proses pembelajaran nyang dilaksanakan dengan pendekatan saintifik bersifat lebih luas artinya proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja di dalam ruangan maupun dil uar ruangan dengan memanfaatkan sumber belajar lingkungan. Selanjutnya bagian dari kegiatan inti adalah penguatan mengingat (recalling) ini bermanfaat untuk menguatkan kembali pengalaman bermain dan konsep yang dipelajari anak.

Itulah tadi penjelasn tentang RPPH PAUD semester 1. Semoga dapat bermanfaat bagi bapak ibu guru yang membuat RPPH sesuai dengan model pembelajaran masing-masing lembaga PAUD. Sehingga dapat menciptakan pembelajaran untuk mendukung tumbuh kembang anak didik menjadi lebih optimal. Selamat mencoba.

Post a Comment for "RPPH PAUD Semester 1 Yang Wajib Dipahami Pendidik"