RPPH Tema Binatang K13 Tahun 2020

administrasitkpaud.com - Bapak /Ibu guru tentu sudah mengenal apa itu RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang berlaku pula untuk anak usia dini. Sistemnya dibuat harian mengingat kompetensi dasar yang harus diajarkan cukup banyak serta terbagi lagi menjadi banyak tema. Salah satu contohnya adalah RPPH tema binatang K13.

Meskipun masa pandemi yang mengharuskan Bapak/Ibu melakukan pembelajaran daring, RPPH menjadi kebutuhan administratif yang harus dipenuhi. Beberapa isinya ada sedikit penyederhanaan karena menyesuaikan dengan kondisi saat ini. 

rpph tema binatang k13

Isi RPPH Tema Binatang K13 Tahun 2020

Untuk tema bintang ini terbagi menjadi beberapa subtema yaitu:

  • Subtema binatang peliharaan
  • Subtema binatang liar
  • Subtema binatang darat
  • Subtema binatang air

Bapak atau Ibu guru bisa menguraikan tersendiri mengenai sub bab tersebut dan menyampaikannya dengan berbagai model pembelajaran yang sudah ada serta tentunya sesuai dengan standar K13. Adapun isi RPPH tema binatang secara umum mencakup tiga ruang lingkup yaitu:

  • Lingkup perkembangan anak yang dilihat dari aspek nilai religiusitas serta moral, fisik, kognitif, bahasa, dan sosial serta emosional.
  • Kegiatan pembelajaran, dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pembukaan meliputi salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran anak. Kedua, kegiatan inti yaitu menyampaikan materi atau pelajaran sesuai tema. Ketiga, penutup berupa refleksi hingga salam penutup.
  • Kegiatan kegiatan pembentukan karakter, berupa aspek nilai-nilai keagamaan serta akhlak dan sosial-emosional.

Tujuan Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Anak PAUD

Membuat RPPH tema binatang bertujuan untuk memudahkan Bapak/Ibu untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan standar K13 yang sudah berlaku. Dengan RPPH tersebut juga diharapkan kegiatan belajar mengajar mencapai target tertentu.

Jadi, sebenarnya RPPH itu bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan administrasi pengajaran saja, namun untuk mengatur sistem pembelajaran. Kemudian dari situ pula Bapak/Ibu guru dapat menentukan indikator pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini selama di sekolah.

Manfaat Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Anak PAUD

Membuat RPPH semacam ini mempunyai banyak manfaat bagi Bapak/Ibu baik untuk pembelajaran daring maupun tatap muka langsung. Sebab RPPH untuk PAUD bisa dikatakan sebagai acuan selama pembelajaran agar tidak menyimpang dari jalurnya. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Bapak/Ibu bisa mengembangkan aspek penting tentang pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Kemudian guru termotivasi untuk lebih kreatif dalam membuat model dan pendekatan yang cocok untuk anak-anak usia dini.
  2. Proses pembelajaran menjadi lebih optimal karena sudah dirancang sedemikian rupa mulai dari kegiatan pembukaan, penutupan, penilaian perkembangan anak hingga estimasi waktu pembelajaran.
  3. Mendorong orang tua supaya menyiapkan alat bermain dan belajar yang sesuai dengan kebutuhan anak dan kurikulum di sekolah. Dengan begitu, guru bersama orang tua berkolaborasi untuk meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan anak.
  4. Membuat RPPH anak PAUD menunjukkan bahwa Bapak/Ibu adalah pendidik yang profesional serta tanggung jawab dalam menjalankan tugas.
  5. RPPH anak PAUD bermanfaat untuk arsip sekolah. Saat-saat tertentu seperti akreditasi  membutuhkan kelengkapan administratif semacam RPPH ini, tidak terkecuali jenjang pendidikan anak usia dini. Biasanya harus menunjukkan dalam bentuk fisik maupun softfile.
  6. Menjadi dasar atau bahan evaluasi dan penilaian kinerja guru. Semua hasil kerja Bapak/Ibu guru akan dilihat dari RPPH tersebut serta praktek di lapangan langsung.

Itulah sedikit ulasan mengenai RPPH Tema binatang berdasarkan K13. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Andapun bisa menjadikannya sebagai referensi pembelajaran bagi anak PAUD.




Post a Comment for "RPPH Tema Binatang K13 Tahun 2020 "