Contoh RPPH PAUD Tema Binatang, Pendidik Haru Tahu!

administrasitkpaud.com - Contoh RPPH PAUD Tema Binatang akan sangat bermanfaat untuk Anda para Pendidik PAUD yang ingin menciptakan pembelajaran yang efektif. Karena Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bukan semata-mata merupakan proses mengisi otak anak dengan berbagai informasi sebanyak-banyaknya.

Melainkan proses menumbuhkan, memupuk, memotivasi, juga menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak untuk mengembangakan potensi yang dimilikinya secara optimal. RPPH sendiri berperan penting menjadi acuan dalam pelaksanaan pembelajaran di PAUD. Nah, simak ulasan lengkap contoh RPPH PAUD tema binatang berikut ini!

Contoh RPPH PAUD Tema Binatang

Contoh RPHH PAUD Tema Binatang Yang Wajib Diketahui

Dalam prosesnya, perencanaan program pembelajaran memegang peranan yang sangat penting. Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) sendiri merupakan salah satu perangkat yang berisi perencanaan program pembelajaran PAUD pada satu hari belajar. Misalnya, RPPH PAUD tema binatang peliharaan.

Seorang pendidik PAUD harus mempersiapkan perangkat pembelajarannya sebelum masuk kelas. Hal yang pertama kali harus dilakukan sebelum menyusun RPPH adalah dengan memahami kurikulum. Karena pada dasarnya contoh RPPH PAUD tema binatang pun disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku.

Selain itu pendidik yang profesional juga harus menguasai bahan ajar juga melakukan penilaian serta evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan dalam satu hari. Misalnya seorang pendidik telah menyusun sebuah RPPH PAUD tema binatang darat. Maka pendidik juga harus menguasai bagaimana cara menilai dan melakukan evaluasi dari kegiatan tersebut.

Dalam RPPH PAUD tema binatang harus mencakup beberapa komponen. Seperti misalnya, materi pembelajaran, penggunaan media atau alat belajar, juga alokasi waktu. Tujuan pembelajaran akan berhasil dicapai jika terdapat perencanaan matang secara tertulis. Sehingga pembelajaran menjadi lebih terarah dan tidak melebar kemana-mana.

Paling tidak, sebuah perencanaan pembelajaran akan menyebutkan langkah-langkah teknis mengenai apa saja yang harus dilakukan. Pada contoh RPPH PAUD tema binatang air misalnya,  di dalamnya akan memuat kegiatan yang berkaitan dengan tema pembelajaran. Seperti mewarnai gambar ikan sebagai salah satu hewan yang hidup di air dan mendengarkan cerita tentang berbagai jenis hewan air dari guru.

Atau bisa juga dengan melakukan kegiatan puncak tema di sebuah kolam ikan dan lain sebagainya. Kegiatan yang dilaksanakan ini tentu juga harus disesuaikan dengan kompetensi dasar serta kompetensi inti yang ingin dicapai. Jangan sampai KD-nya apa, kegiatannya apa. Ini salah satu alasan mengapa sebaiknya RPPH dibuat langsung oleh pendidik yang bersangkutan.

Agar terdapat keterkaitan antara semua komponen pada RPPH dengan kegiatan pembelajaran yang akhirnya dilaksanakan. Juga ketersesuaian antara kebutuhan anak didik dengan ketersediaan bahan ajar serta fasilitas yang ada di lembaga PAUD iu sendiri. Adapun tema dunia binatang sendiri umumnya menjadi salah satu tema pembelajaran pada RPPH PAUD semester 2.

Agar pembelajaran di PAUD selalu efektif, unik, dan kreatif, pendidik PAUD hendaknya berusaha  untuk menciptakan inovasi dalam pembelajaran. Jangan RPPH tahun lalu digunakan kembali menjadi perangkat pembelajaran untuk tahun ini tanpa modifikasi maupun pembaharuan sedikit pun. Perkembangan zaman menuntut para pendidik untuk ikut berbenah.

Misalnya dengan cara mengkaji ulang setiap model pembelajaran yang baru di awal semester, atau mempelajari bentuk penugasan yang bervariasi kepada anak didik. Pendidik juga harus selalu memiliki gagasan baru dalam menyusun RPPH yang sesuai dengan kebutuhan anak didik.

Nah, demikianlah ulasan lengkap tentang contoh RPPH PAUD tema binatang. Semoga dapat membantu bapak ibu pendidik dalam merencanakan pembelajaran yang lebih inovatif. Sehingga anak-anak didik dapat mengembagkan potensinya sesuai dengan minat dan karakteristiknya masing-masing. Selamat berinovasi.

Post a Comment for "Contoh RPPH PAUD Tema Binatang, Pendidik Haru Tahu!"