Teknik Mengajar dan Nyanyikan Lagu Anak PAUD

Teknik Mengajar dan Nyanyikan Lagu Anak PAUD. Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak dapat terlibat paling baik dengan aktivitas musik dibandingkan yang lainnya. Musik dan lagu dapat diterima dengan baik oleh anak-anak usia dini. Bait-bait dari lagu ini bahkan lebih mudah masuk ke otak dibandingkan tulisan biasa. Jadi, mengapa Anda tidak mulai bernyanyi dan menerapkan beberapa teknik berikut?

lagu anak PAUD

Teknik Nyanyikan Lagu Anak PAUD

Mulailah dengan mengambil nada

Sebelum Anda bernyanyi dengan anak-anak, mainkan "permainan nada suara". Nyanyikan nada atau buat suara tertentu, dan undang anak-anak untuk mencocokkannya. Setelah Anda merasa nyaman dengan mencocokkan semua jenis suara, Anda dapat melanjutkan ke lagu. Melakukan pemanasan dengan mencocokkan nada suara ini bisa membuat Anda dan anak-anak lebih nyaman. Ini juga bisa membuat anak-anak turut aktif dan bersenang-senang.

Bernyanyi dengan ritme dan rima

Yang menarik dari lagu anak PAUD yakni setiap ketukan irama atau liriknya biasa diulang-ulang. Ini difungsikan untuk memudahkan anak-anak menghafal dan juga untuk membangkitkan semangat. Anda mungkin butuh sedikit usaha untuk membuat lagu Anda menarik dan bisa mengajak anak-anak untuk berpartisipasi. Oleh karenanya cobalah membuat lagu dengan ritme, dan tambahkan tepuk tangan saat Anda menyanyikan setiap bait liriknya.

Mulailah dengan keseluruhan lagu

Anak-anak belajar lagu dengan paling baik ketika mereka mendengar keseluruhan lagu dari awal sampai akhir, dan diulang beberapa kali. Jadi hindari memecah lagu menjadi frase saat mengajarkannya. Ini bisa membingungkan anak-anak. Nyanyikan saja dari awal hingga akhir, dan jangan khawatir jika mereka tidak bisa ikut bernyanyi. Mereka mendengarkan dan akan bergabung jika sudah siap.

Gunakan tangan Anda

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda harus bisa membangkitkan semangat siswa saat menyanyikan lagu anak PAUD ini. Gerakan jari dan tangan yang digunakan untuk menggambarkan sebuah lagu akan membuat anak-anak terpesona. Bahkan, seringkali anak-anak yang tidak nyaman dengan bernyanyi, akan bersedia mengikuti gerakan lagu tersebut bersama Anda.

Bernyanyi sepanjang hari

Ini mungkin lebih ke tugas orang tua saat di rumah. Jadi gunakan lagu sepanjang hari untuk menarik perhatian anak-anak, memberikan arahan, atau bahkan untuk "menceritakan" sesuatu yang dilakukan anak-anak. Ajarkan mereka lagu untuk edukasi seperti bahasa, macam-macam warna, atau lagu tentang tingkah laku.

Gunakan lagu yang familiar

Lagu-lagu yang familiar seperti Balonku Ada Lima, Twinkle Twinkle Little Star, atau Old MacDonald mungkin lebih sering didengar anak-anak. Jadi mereka akan mudah hafal dengan nada-nadanya. Triknya disini adalah dengan menggunakan lagu anak PAUD yang sudah dikenal untuk membuat lagu baru. Ubah saja satu atau dua katanya, dengan begitu Anda akan mendapatkan lagu baru untuk diajarkan.

Bernyanyi dan bersenang-senang

Lagu untuk anak pendidikan usia dini adalah lagu ringan dan menyenangkan. Jadi penting untuk bersikap ringan atau bersemangat saat menyanyikan lagu. Jangan mengolok-olok suara Anda sendiri atau berfokus pada kesalahan Anda dengan sebuah lirik. Terapkan model penerimaan bernyanyi, bahwa lagu ini adalah milik Anda dan mereka. Jadi jangan terlalu memusingkan yang lain.

Sebagian besar kegiatan anak-anak pendidikan PAUD adalah bermain dan bernyanyi. Jadi untuk Anda yang baru terjun di dunia ini harus bisa membiasakannya. Pelajari teknik mengajar atau menyanyikan lagu anak PAUD dengan baik. Karena tidak semua orang dilahirkan untuk bisa mengajar dengan baik, terutama bagi anak-anak usia dini. Jadi berusahalah buat mereka bersenang-senang saat menyanyi bersama Anda.
 

Post a Comment for " Teknik Mengajar dan Nyanyikan Lagu Anak PAUD"