Program Pendidikan Usia Dini, Tujuan, Karakteristik dan Bentuk-Bentuknya!

administrasitkpaud.com - Program pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinanaan untuk anak usia dini yang dilakukan dengan memberikan stimulus. Rangsangan atau stimulus ini sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak. Program ini juga menjadi salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada pertumbuhan juga perkembangan koordinasi motorik halus dan kasar. anak. 

Selain itu, stimulus juga dapat meningkatkan perkembangan kecerdasan, daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosional, juga kecerdasan spiritual sosio emosional. Tentunya tetap harus sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui anak. Jadi program pengasuhan pendidikan anak usia dini tidak sekedar berfungsi untuk memberikan pengalaman belajar tapi juga untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak.

program pendidikan anak usia dini

Tujuan Program Pendidikan Anak Usia Dini 

Pengasuhan dan pendidikan anak usia dini idealnya diarahkan untuk pengembangan holistik dari kebutuhan sosial, kognitif, emosional, dan fisik dalam rangka membangun pondasi yang kuat untuk pembelajaran dan kesejahteraan sepanjang hayat. Adapun tujuan program pendidikan usia dini adalah untuk membantu mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak sesuai dengan tahap perkembangannya. 

Selain itu, program ini juga berfungsi untuk mengenalkan konsep peraturan dan menanamkan disiplin pada anak. Program ini juga memberikan kesempatan pada anak untuuk lebih mengenal dunia sekitarnya dan bersosialisasi dengan tetap menikmati masa bermainnya.

Karakteristik Program Pendidikan Usia Dini

Hal utama dalam membedakan karakteristik program pendidikan anak usia dini adalah tuntutan tingkat perkembangan dan cara belajarnya. Beberapa diantaranya misalnya karakteristik gurunya lebih cenderung menunjukan keceriaan, kerja sama, dan keterlibatan secara total dengan kegiatan bermain anak. Metode pembelajaran yang digunakan juga lebih mengutamakan yang bersifat reaktif dari pada metode ceramah.

Selain itu secara umum ruang lingkup materi pendidikan anak usia dini meliputi segala hal yang ada dalam diri dan lingkunganya. Sistem evaluasi dan penilaian program pendidikan anak usia dini juga lebih bersifat natural, alamiah.

Bentuk-Bentuk Program Pendidikan Anak Usia Dini

Pada dasarnya program pendidikan anak usia dini dimulai sejak anak lahir. Oleh karena itu pendidikan anak usia 0-3 tahun masih berada pada lingkup keluarga. Meski demikian pendidikan keluarga merupakan pendidikan utama dan pertama bagi anak. Sebab pendidikan keluarga adalah pondasi bagi anak untuk membangun struktur kepribadian selanjutnya. Secara rinci, berikut bentuk program pendidikan usia dini.

Taman pendidikan anak (Day Care)

Taman pendidikan anak adalah lembaga kesejahteraan sosial yang memberikan pelayanan pengganti berupa pengasuhan, perawatan, dan pendidkan bagi anak balita. TPA ini bertujuan membantu orang tua yang bekerja dan tidak dapat merawat anaknya agar dapat bekerja dengan tenang.

Kelompok bermain (Play Group)

Kelompok bermain merupakan tempat bermain dan belajar untuk anak sebelum memasuki Taman Kanak-Kanak. Play group biasanya menerima anak dengan kelompok usia 3 – 4 tahun.

Taman Kanak-Kanak

Taman kanak-kanak merupakan jenjang pendidikan setelah play group sebelum anak masuk sekolah dasar. Walaupun TK bukan jenjang pendidikan yang wajib diikuti namun mengikut sertakan anak pada pembelajarana di TK tentunya memberikan banyak manfaat yang mendukung persiapan anak untuk masuk sekolah dasar.

Taman Kanak-Kanak Al Qur’an (TKA)

Taman kanak-kanak Al Qur'an adalah salah satu bentuk program pendidikan anak usia dini untuk anak kelompok usia 4-6 tahun. Namun materi pembelajarannya lebih menitik beratkan pada pembelajaran Al Qur’an dan pendidikan agama Islam.

Nah itu lah tadi ulasan lengkap tentang program pendidikan anak usia dini. Dari ulasan diatas dapat disimpulkan pentingnya penyelenggaraan program pendidikan usia dini. Namun keberhasilan setiap programnya juga akan sangat bergantung pada kualitas tenaga pendidiknya. 

Post a Comment for "Program Pendidikan Usia Dini, Tujuan, Karakteristik dan Bentuk-Bentuknya!"