Prinsip-prinsip Pembelajaran PAUD, Guru Harus Tahu!

administrasitkpaud.com - Prinsip-prinsip pembelajaran PAUD sangat penting untuk dipahami. Karena seperti yang kita ketahui bersama, pendidikan anak usia dini adalah salah satu bentuk pendidikan paling utama di masa golden age. Apalagi usia dini juga merupakan saat yang paling tepat untuk membentuk karakter seseorang. Inilah mengapa PAUD memegang peranan penting dalam masa tumbuh kembang anak pada tingkat dasar. 

Sementara masyarakat kini juga semakin menyadari fungsi penting pendidikan bagi anak usia dini. Hal ini nampak dengan berkembangnya lembaga pendidikan untuk anak usia dini baik yang formal, informal dan non formal. Namun pada dasarnya penyelenggaraan pembelajaran PAUD harus dilandasi beberapa prinsip berikut ini!

prinsip-prinsip pembelajaran paud

Prinsip-Prinsip Pembelajaran PAUD Yang Wajib Diketahui

Pelaksanaan pembelajaran PAUD tidak dapat dilakukan sembarangan. Ada beberapa prinsip yang harus terpenuhi saat hendak menyelenggarakan pembelajaran untuk anak usia dini. Prinsip-prinsip ini menjadi dasar dari rancangan pelaksanaan pembelajaran untuk anak. Adapun prinsip-prinsip pembelajaran PAUD tersebut adalah:

1.Pembelajaran harus berorientasi pada kebutuhan anak juga pada semua aspek perkembangannya

Kebutuhan dan perkembangan anak baik fisik maupun psikis yaitu intelektual, bahasa, motorik, dan sosio emosionalnya anak. Pembelajaran juga tidak bisa hanya berorientasi pada satu siswa saja. Bapak ibu pendidik tidak boleh sama sekali mendiskriminasi anak-anak tertentu. Semua anak dapat mengikuti pembelajaran. Termasuk juga anak-anak yang memerlukan kebutuhan khusus.

2. Belajar haruslah didasari dengan bermain sesuai dengan karakter anak dalam usia perkembangan

Prinsip belajar dan pembelajaran PAUD selanjutnya adalah dengan menciptakan bermain yang bermakna. Dengan belajar melalui bermain. Anak dalam usia dini harus belajar secara konkrit. Selain itu mereka masih belum bisa mengontrol gerakannya, masih suka bermain, sehingga dalam pembelajarannya harus dilakukan dengan cara bermain pula.

3.Lingkungan yang yang dapat mendukung kegiatan belajar melalui bermain

Seorang anak diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Hal ini akan membantu seorang anak untuk mengembangkan potensi dirinya secara maksimal. Selain itu, anak-anak dapat mengeksplor semua inderanya malalui sebuah lingkungan dalam bermain. Karenanya prinsip-prinsip pembelajaran PAUD berikutnya adalah dengan menciptakan lingkungan yang mendukung.

4.Menggunakan pembelajaran terpadu melalui tema yang menarik dan bersifat kontekstual

Salah satu dari prinsip perencanaan pembelajaran PAUD adalah penggunaan tema. Tema yang baik tentunya merupakan tema yang bisa menarik perhatian anak-anak dalam proses belajar didalam kelas. Agar dapat bersifat kontekstual, tema yang disusun harus berupa hal yang dekat dengan keseharian anak maupun menjadi sesuatu yang diminatinya.

5.Mengembangkan kecakapan anak dengan cara mengembangkan keterampilan

Prinsip-prinsip pembelajaran PAUD lainnya adalah dengan mengembangakan oketerampilan anak. Keterampilan yang dimiliki oleh anak dapat dilatih dengan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Agar anak mampu bertanggung jawab, mandiri dan memiliki disiplin diri. Seorang anak mampu membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman yang dialaminya sejak lahir dan pengetahuan yang telah anak-anak dapatkan selama hidup.

6.Menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar

Media yang digunakan haruslah nyata dan tidak bersifat abstrak agar anak lebih memahami dan tidak sekedar membayangkan saja. Inilah yang menyebabkan pemilihan media pembelajaran PAUD yang kongkrit sangat penting untuk dilakukan. Jika anak diberikan gambar yang abstrak tentu saja akan kebingungan. Sesuai dengan karakteristiknya, anak diusia ini akan lebih mudah mengingat pada benda-benda yang sudah mereka lihat, ataupun mereka pegang.

Sebab anak usia dini dapat menyerap pengalaman dengan mudah melalui benda-benda yang bersifat konkrit. Nah, itu tadi ulasan tentang prinsip-prinsip pembelajaran PAUD. Jika seluruh prinsip ini diterapkan dengan baik maka pembelajaran anak usia dini pun tentunya akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Post a Comment for "Prinsip-prinsip Pembelajaran PAUD, Guru Harus Tahu!"