8 Prinsip Pembelajaran Anak Usia Dini Untuk Pembelajaran Optimal

administrasitkpaud.com - Prinsip pembelajaran anak usia dini wajib untuk diketahui terutama bagi orang tua atau bapak ibu pendidik PAUD. Pembelajaran anak usia dini menuntut pendekatan yang memusatkan perhatian pada anak. Namun salah satu permasalahan yang yang kerap kali muncul adalah tidak semua orang tua atau pendidik memahami cara yang tepat dalam memberikan pembelajaran kepada anak usia dini.

Pembelajaran anak usia dini dilakukan dengan memberikan rangsangan atau stimulus untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Adapun prinsip pembelajaran anak usia dini adalah sebagai berikut!

prinsip pembelajaran anak usia dini
Prinsip Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Wajib Diketahui


Pembelajaran anak usia dini memerlukan metode yang berbeda dengan pembelajaran pada usia lain. Pembelajaran yang dilaksanakan harus unik dan kreatif. Peran pendidik sangat diperlukan untuk menggali potensi anak didik. Agar pembelajaran anak usia dini berlangsung dengan efektif maka perlu memperhatikan prinsip pembelajaran anak usia dini berikut ini:

Bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain

Bermain merupakan kegiatan yang paling diminati anak. Saat bermain anak akan melatih motorik, keterampilan berbahasa, menambah pengetahuan, juga melatih cara mengatasi masalah. Selain itu prinsip pembelajaran anak usia dini yang satu ini bermanfaat untuk melatih anak mengelola emosi, bersosialisasi, mengenal konsep matematika sains dan lain sebagainya.

Berpusat pada kebutuhan anak

Prinsip pembelajaran anak usia dini menurut para ahli selanjutnya adalah dengan menjadikan anak sebagai pusat pembelajaran. Seluruh aktivitas pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk mengembangkan potensi anak. Tentunya kegiatan ini dilakukan dengan memenuhi kebutuhan fisik dan psikis anak. Sehingga kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menyenangkan.

Pemberian stimulasi terpadu

Anak memiliki aspek moral,  sosial, emosional, fisik, kognitif, bahasa, dan seni. Kebutuhan anak juga mencakup kesehatan, kenyamanan, pengasuhan, gizi, pendidikan, dan perlindungan. Karenanya prinsip–prinsip pembelajaran anak usia dini dilakukan secara menyeluruh dan terpadu.

Berorientasi pada perkembangan anak

Setiap anak memiliki kecepatan juga irama perkembangan yang berbeda. Meski demikian, pada umumnya anak usia dini memiliki tahapan perkembangan yang sama. Karenanya prinsip dan metode pembelajaran anak usia dini lainnya adalah memberikan kegiatan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak dan mendukung perkembangan masing-masing anak.

Menciptakan lingkungan yang mendukung 

Lingkungan merupakan guru ketiga bagi anak. Anak dapat belajar banyak hal dari lingkungan bermain.  Karenanya lingkungan pembelajaran harus diciptakan sedemikian rupa sehingga menarik serta menyenangkan bagi anak.penataan ruang hendaknya selalu disesuaikan dengan ruang gerak anak sehingga anak dapat berinteraksi dengan mudah baik dengan guru maupun dengan temannya.

Menggunakan pendekatan tematik

Prinsip pembelajaran anak usia dini berikutnya yaitu menggunakan pendekatan tematik. Tema menjadi wadah untuk mengenalkan berbagai konsep mengenai diri anak didik sendiri dan lingkungan sekitarnya. Tema-tema ini diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran sehari-hari.

Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan

Proses pembelajaran yang aktif kreatif dan inovatif menjadi salah satu dari prinsip pembelajaran anak usia dini. Hal ini dapat disiapkan oleh pendidik melalui kegiatan yang menyenangkan dan memancing rasa ingin tahu anak Sehingga memotivasi anak untuk berpikir kritis dan menemukan hal-hal baru.

Menggunakan berbagai media dan sumber belajar

Anak belajar dari media dan alat yang digunakannya saat bermain. Karena itu prinsip media pembelajaran anak usia dini hendaknya dibuat dari bahan yang ada disekitar anak. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat bereksplorasi dengan benda-benda dilingkungan sekitarnya.

Nah itu tadi adalah prinsip pembelajaran anak usia dini yang harus dipahami oleh seluruh bapak ibu pendidik juga orang tua. Dengan demikian semoga pembelajaran yang dilaksanakan dapat menghasilkan perkembangan anak yang optimal sesuai dengan tahapannya.

Post a Comment for " 8 Prinsip Pembelajaran Anak Usia Dini Untuk Pembelajaran Optimal"