Ketahui Metode Pembelajaran dan Prinsip prinsip Anak Usia Dini

administrasitkpaud.com - Prinsip prinsip anak usia dini dalam pembelajaran perlu diketahui untuk membuat sebuah metode belajar yang efektif. Usia dini merupakan masa keemasan bagi pertumbuhan otak anak. Di masa ini anak membutuhkan rangsangan yang tepat untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang secara optimal.

Setiap anak usia dini memiliki ciri tersendiri dalam perkembangannya. Oleh karena itu metode pembelajaran yang disusun hendaknya memperhatikan perkembangan tiap-tiap anak. Cara belajar yang sesuai dengan prinsip prinsip perkembangan anak usia dini akan merangsang anak berkembang sesuai dengan yang diharapkan. 

prinsip-prinsip anak usia dini
prinsip belajar paud

Prinsip-prinsip Anak Usia Dini, Prinsip Pembelajaran PAUD

Metode pembelajaran untuk anak usia dini yang efektif akan memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Anak harus merasa senang saat belajar sehingga maksud dari materi belajar dapat tersampaikan. Agar dapat mencapai pembelajaran yang efektif, perhatikan prinsip prinsip anak usia dini dalam pembelajaran PAUD berikut ini!

1. Belajar sambil Bermain, Bermain Sambil Belajar

Prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini melalui kegiatan bermain dapat menyiapkan anak menjadi gemar belajar. Saat bermain anak melatih otot, keterampilan menggunakan bahasa, dan mengenal seni. Anak akan menambah pengetahuan melalui kegiatan yang bersifat melatih kreativitas dan mandiri.

Bermain adalah kegiatan yang paling disukai menurut prinsip prinsip anak usia dini. Bermain akan memberikan suasana nyaman dan rileks sehingga anak lebih mudah menyerap informasi dan membangun pengalaman positif. Melakukan kegiatan belajar sambil bermain akan mengajarkan anak bersosialisasi dengan orang lain dan lingkungan, serta merangsang kemampuan memecahkan masalah.

2. Kebutuhan Anak Sebagai Orientasi Utama

Prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini meletakkan anak sebagai pusat pembelajaran. Seluruh perencanaan kegiatan pembelajaran termasuk pelaksanaannya ditujukan sebagai pengembangan potensi anak. Aktivitas belajar dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan sesuai dengan kemampuan berpikir anak. Pembelajaran anak usia dini harus memenuhi kebutuhan fisik dan psikisnya.

3. Stimulasi yang Terintegrasi dan Terpadu

Prinsip prinsip anak usia dini memandang anak sebagai individu utuh yang membutuhkan hal-hal esensial dalam perkembangannya. Anak membutuhkan stimulasi untuk meningkatkan aspek perkembangan agama dan moral, fisik-motorik, sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan seni.

Anak juga membutuhkan stimulasi lain mencakup kesehatan, rasa nyaman, pengasuhan yang baik, pemenuhan gizi, pendidikan yang layak, dan perlindungan. Agar terjadi stimulasi yang terpadu, maka guru harus bekerjasama dengan orangtua dan lembaga pelayanan kesehatan dan gizi serta penyelenggara pendidikan bagi orangtua.

4. Orientasi pada Perkembangan Anak

Setiap anak adalah unik. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Antara anak yang satu dengan yang lainnya memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda meski memiliki tahap perkembangan yang sama. Itulah sebabnya mengapa pendidik harus paham mengenai tahap perkembangan anak. Tujuannya adalah agar pendidik  dapat memberikan kegiatan yang sesuai dengan perkembangan anak.

5. Menyediakan Lingkungan yang Kondusif

Lingkungan pembelajaran harus diciptakan menjadi lingkungan yang menarik, aman dan nyaman bagi anak. Tempat pembelajaran harus ditata sedemikian rupa agar tidak menghalangi dan menghambat ruang gerak anak. Penataan ini dilakukan untuk memudahkan anak berinteraksi dengan pendidik dan teman sebayanya. Ciptakan lingkungan yang sehat dan bersih serta ajak anak untuk menjaga kebersihannya.

Lingkungan pembelajaran hendaknya tidak menimbulkan kesenjangan antara nilai-nilai yang dipelajari di sekolah dengan di rumah serta lingkungan di sekitar anak. guru harus memperhatikan budaya dan kebiasaan lokal saat menyusun sebuah kegiatan pembelajaran. Lingkungan belajar tidak boleh memisahkan anak dari nilai-nilai budaya baik yang selama ini dianutnya.

Demikianlah penjelasan mengenai prinsip prinsip anak usia dini dalam pembelajaran. Guru harus bekerjasama dengan orangtua dan lingkungan sekitar dalam hal pendidikan anak. Kerjasama yang baik akan dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya.


Post a Comment for "Ketahui Metode Pembelajaran dan Prinsip prinsip Anak Usia Dini "