Kenali 3 Pendekatan Pembelajaran Paud Untuk Hasil Pembelajaran Optimal

administrasitkpaud.com - Pendekatan pembelajaran Paud harus menggunakan metode yang tepat berdasarkan karakteristik peserta didik. Karakteristik ini harus dipahami untuk dijadikan acuan dalam merencanakan dan melaksanakan pendidikan anak usia dini. Pendidik harus benar-benar memperhatikan pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Pendekatan pembelajaran paud adalah cara pandang yang merumuskan metode dan pelaksanaan pembelajaran yang mengupayakan peserta didik untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Berikut dijelaskan pendekatan-pendekatan lembaga PAUD yang sering digunakan dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran.

pendekatan pembelajaran paud

Jenis-jenis Pendekatan Pembelajaran Paud

Program pembelajaran PAUD adalah cara memandang objek permasalahan sehingga menimbulkan rancangan dan kemudian akan menciptakan sebuah metode pembelajaran. Pendekatan pembelajaran dapat digolongkan menjadi beberapa strategi yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Pendekatan Pembelajaran PAUD, Pembelajaran Bebas

Pendekatan pembelajaran PAUD di Indonesia dengan strategi pembelajaran bebas berarti memberi kesempatan sebebas dan seluas-luasnya kepada peserta didik untuk mendapat pengalaman belajar yang bermakna. Strategi ini sangat baik bagi perkembangan karakter peserta didik karena mengajarkannya untuk mandiri.

Program pembelajaran PAUD dengan strategi ini mempunyai ciri-ciri kegiatan pembelajaran yang terpusat pada peserta didik dan memberikan pengalaman langsung. Peserta didik bebas bermain sehingga hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai minat dan kebutuhan mereka. Pembelajaran bersifat fleksibel, hanya memiliki kekurangan yaitu metodenya menjadi tidak terstruktur dengan baik.

2. Pendekatan Pembelajaran PAUD, Pembelajaran Terpimpin

Metode pembelajaran PAUD dengan strategi pembelajaran terpimpin adalah strategi yang sepenuhnya dikendalikan pendidik. Pendidik sebagai sentra pembelajaran. Pendidik menerangkan, peserta didik mendengarkan. Peserta didik mengikuti perintah dan contoh yang diberikan dan melakukan latihan sesuai perintah pendidik.
 
Pendekatan pembelajaran PAUD dengan strategi ini mempunyai ciri-ciri kegiatan pembelajaran yang terpusat pada perilaku mengajar pendidik. Strategi pembelajaran ini kurang mendukung kreativitas peserta didik. pendidik telah menyusun konsep dan berbagai materi untuk dikerjakan dan dikuasai oleh peserta didik. Pembelajaran terpimpin menekankan disiplin, keteraturan prosedur, dan menghargai senioritas.

3. Pendekatan Pembelajaran PAUD, Pembelajaran Kondusif

Pendekatan pembelajaran PAUD di Indonesia dengan strategi pembelajaran kondusif adalah kombinasi antara strategi pembelajaran bebas dengan pembelajaran terpimpin. Pendidik dan peserta didik saling bekerjasama, berkolaborasi, dan berbagi proses pembelajaran dan pengalaman positif.

Strategi pendidik dalam pembelajaran kondusif dilakukan dengan membiarkan kebebasan bereksplorasi pada peserta didik dengan batasan tertentu agar mereka tetap aman saat melakukan aktivitas belajar. Pendidik menciptakan lingkungan pembelajaran dengan beberapa pilihan minat, tapi mengaturnya dalam suatu rutinitas.

Pendidik merencanakan tugas dalam materi akan tetapi peserta didik dapat memilih materi dan bahan yang akan dikerjakan.Pendidik bertindak sebagai partner, dan dia bertugas untuk mengamati, mendengarkan, memberi motivasi, dan memecahkan masalah. Peserta didik diajarkan bertanggung jawab atas hasil pemecahan masalahnya sendiri.

Strategi pembelajaran kondusif menciptakan suasana yang mendukung perkembangan karakter peserta didik dan keseimbangan peran antara pendidik dan peserta didik. Pendekatan pembelajaran kondusif memberi kesempatan peserta didik untuk belajar aktif, fokus pada minat, dan mempunyai inisiatif. Peserta didik mempunyai keberanian mengemukakan ide dan memecahkan masalahnya sendiri.

Prosedur dalam melakukan pendekatan pembelajaran kondusif perlu mempertimbangkan waktu belajar dan ketersediaan bahan dalam jumlah yang cukup di lingkungan. Pembelajaran harus mengutamakan kompetensi dasar yang esensial dan paling dibutuhkan oleh peserta didik, dan memilih tema yang terdekat dengan peserta didik.

Demikianlah model pendekatan pembelajaran Paud yang digunakan dalam pembelajaran anak usia dini. Apapun model pendekatan pembelajaran yang digunakan harus menempatkan peserta didik sebagai orientasi utama. Pendidik diharapkan mampu memberikan stimulasi aktif agar peserta didik dapat melakukan eksplorasi terhadap minat dan kemampuannya.

Post a Comment for " Kenali 3 Pendekatan Pembelajaran Paud Untuk Hasil Pembelajaran Optimal"