10 Prinsip Pembelajaran PAUD, Mom Wajib Tahu!

administrasitkpaud.com - 10 prinsip pembelajaran PAUD ini memuat tujuan juga rancangan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini. Adapun pengertian dari prinsip pembelajaran sendiri adalah kerangka teoritis dari sebuah metode atau kaidah pembelajaran. 

Sebaiknya bapak ibu guru pendidik mampu memahami dengan baik, bagaimana mengaplikasikan 10 prinsip pembelajaran PAUD yang akan dibahas berikut ini ke dalam proses pembelajaran sehari-hari di sekolah. Agar nantinya setiap anak didik mampu mencapai perkembangan optimal yang sesuai dengan yang diharapkan.

10 prinsip pembelajaran paud
pembelajaran paud

Inilah 10 Prinsip Pembelajaran PAUD

Pembelajaran holistik integratif sendiri merupakan salah satu metode pembelajaran yang mengimplementasikan prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini. Implementasi ini dilaksanakan melalui aktivitas bermain yang juga merupakan proses belajar bagi anak didik.  

Proses pelaksanaan belajaranya menekankan pada kegiatan pembelajaran yang berpusat pada anak. Stimulasi tumbuh kembang anak juga harus selalu dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Nah, untuk lebih memahami 10 prinsip pembelajaran PAUD yang juga dimuat dalam buku panduan pendidik kurikulum  2013 ini, yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini :

1. Belajar melalui bermain

Anak dengan usia di bawah 6 tahun hakikatnya masih berada dalam tahap bermain. Karenanya metode pembelajaran yang tepat untuk anak usia ini adalah dengan memberikan rangsangan pembelajaran melalui kegiatan bermain yang dibimbing oleh pendidik di sekolah.

2. Berorientasi pada perkembangan anak

Kegiatan pembelajaran yang dirancang oleh para pendidik di PAUD tentunya harus mampu mengoptimalkan semua aspek perkembangan. Hal ini dapat disesuaikan dengan tahapan usia anak sehingga dapat tepat guna.

3. Berorientasi pada kebutuhan anak

Salah satu dari 10 prinsip pembelajaran PAUD berikutnya adalah dengan memberikan rangsangan atau stimulus pembelajaran. Ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak. Bahkan mampu mengakomodir anak yang berkebutuhan khusus.

4. Berpusat pada anak

Prinsip pembelajaran PAUD berpusat pada anak berarti, bapak ibu pendidik harus mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang memotivasi anak untuk berkreatifitas. Selain itu juga mendorong anak untuk memiliki inisiatif, dan kemandirian dalam berinovasi. Tentunya hal ini harus sesuai dengan potensi, minat, karakteristik, kebutuhan serta tahapan perkembangan anak.

5. Pembelajaran aktif

Prinsip perencanaan pembelajaran PAUD berikutnya adalah pembelajaran aktif. Dimana bapak ibu pendidik PAUD harus menciptakan pengalaman belajar anak dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mencari, menemukan, dan menentukan pilihan. Selain itu diharapkan anak didik juga dapat mengemukakan pendapat mereka dengan percaya diri.

6. Orientasi Pada pengembangan nilai-nilai karakter

Pengembangan karakter tidak dapat dilakukan dalam waktu semalam saja. Karenanya pembentukan karakter yang positif harus dimulai sejak dini. Pengembangan karakter positif ini harus dilaksanakan melalui proses pembiasaan dan keteladanan agar terus melekat pada diri anak.

7. Orientasi pada pengembangan kecakapan hidup

Para pendidik PAUD harus selalu merangsang pembelajaran anak mengarah pada kemandirian anak. Pengembangan kecakapan hidup ini dapat dilaksanakan secara terpadu melalui pembelajaran yang mengembangkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Atau dapat juga menggunakan metode pembiasaan juga keteladanan.

8. Didukung oleh lingkungan yang kondusif

Salah satu prinsip pembelajaran anak lainnya adalah dukungan lingkungan yang kondusif. Sehingga harus menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, nyaman dan tentunya aman bagi anak. Penataan ruang kelas juga harus diatur agar anak dapat berinteraksi dengan bebas.

9. Berorientasi pada pembelajaran yang demokratis

Pembelajaran yang demokratis. Ini sangat dibutuhkan guna mengembangkan sikap saling menghargai. Baik antara anak dan pendidik maupun antara anak dan temannya yang lain.

10. Pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber

Penggunaan sumber belajar juga media pembelajaran PAUD bertujuan agar pembelajaran lebih kontekstual dan bermakna. Penggunaan narasumber sendiri dapat dilakukan dengan melibatkan orang-orang dengan beragam profesi yang dapat disesuaikan dengan tema. Misalnya, polisi, dokter, pemadam kebakaran, dan lain sebagainya.

Nah itu tadi ulasan lengkap tentang 10 prinsip pembelajaran PAUD yang wajib diketahui. Prinsip-prinsip ini dapat diterapkan bapak ibu pendidik PAUD untuk melakukan penilaian keberhasilan pencapaian perkembangan anak yang tentunya harus sesuai dengan minat dan karakteristik anak.

Post a Comment for "10 Prinsip Pembelajaran PAUD, Mom Wajib Tahu!"